Informasi PPDB


Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021

Daya Tampung 200 orang
Gelombang I 6 Januari s.d 29 Mei 2020 *
Gelombang II 1 Juni s.d 8 Agustus 2020 ** [dibuka jika daya tampung belum terpenuhi]

* Batas akhir pembayaran keuangan Gelombang I: 29 Mei 2020
** Batas akhir pembayaran keuangan Gelombang II: 8 Agustus 2020


Program Peminatan

  • MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
  • IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial
  • IBB (Ilmu Bahasa dan Budaya) ***

*** Dibuka jika memenuhi jumlah minimal 25 orang.


Pendaftaran dapat dilakukan melalui :

  1. Jalur Online: klik di sini untuk mendaftar.
  2. Jalur Offline: mendaftar langsung di Ruang Pendaftaran PPDB setiap hari Senin – Jumat Pkl. 08.00 – 15.00 WITA.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran baca terlebih dahulu informasi tentang Alur Pendaftaran dan Syarat Pendaftaran.

Alur Pendaftaran PPDB 2020/2021 dengan dua jalur, yakni:


1. Jalur Online:

  • Klik tombol Daftar PPDB diatas
  • Isi Formulir Pendaftaran dengan benar dan lengkap
  • Sertakan (unggah) pas foto dengan mengenakan seragam SMP
  • Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran silahkan melakukan pembayaran ke Bank BTN No.Rekening : 0002101500173008 a.n Yayasan Insan Mandiri dan atau datang langsung ke sekolah dengan membawa slip pembayaran
  • Lakukan konfirmasi ke Panitia PPDB dengan unggah slip bukti pembayaran dan WA atau klik No +62 853-3324-0350 dengan format:
    NAMA:
    NO-DAFTAR:
    NISN:
    TUJUAN:
    BANK:
    JML-BAYAR:
    TGL-BAYAR:
  • atau serahkan langsung ke panitia PPDB (DILARANG TRANSFER VIA ATM atau MOBILE BANKING)
  • Silahkan Siapkan dan lengkapi syarat berkas lainnya
  • Isi lengkap data diri anda
  • Tunggu pengumuman jadwal wawancara (membawa serta lembaran asli slip bukti pembayaran)

2. Jalur Offline:

Datang langsung ke SMAK Kesuma Mataram Jl.Pejanggik 110 Mataram – NTB, ke Ruang Pendaftaran PPDB / Ruang Tata Usaha.


Sebelum Anda melakukan pendaftaran baca terlebih dahulu tentang Informasi Pendaftaran dan Syarat Pendaftaran.

Syarat Pendaftaran:


1. Syarat Umum:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulus SMP/sederajat
  • Mengikuti Tes Potensi Akademik/Tes Seleksi Peminatan
  • Mengikuti Wawancara (Siswa & Orang tua/Wali)

2. Syarat Berkas Administrasi

  • Mengisi Formulir Data Peserta Didik Baru dengan lengkap dan benar
  • SHUN SMP Asli [wajib dikumpulkan jika sudah diterima]
  • Surat Keterangan Peserta UN/Surat Keterangan Hasil UN Sementara
  • Surat Rekomendasi Penjurusan dari Guru BK SMP
  • Fotocopy Ijazah SMP (2 lembar)
  • Fotocopy SHUN SMP (2 lembar)
  • Fotocopy Ijazah SD (2 lembar)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (2 lembar)
  • Fotocopy Akte Kelahiran (2 lembar)
  • Pas Foto Berwarna 3×4 [berseragam putih-biru] (6 lembar)

3. Syarat Keuangan Peserta Didik selama bersekolah di SMAK Kesuma

  • Tahap I (saat mendaftar): Rp 6.550.000
  • Tahap II November 2020: Rp 1.950.000
  • Dibayarkan dengan cara store tunai ke teler Bank BTN
    a.n YAYASAN INSAN MANDIRI
    0002101500173008 dan kemudian WA atau klik +62 853-3324-0350 dengan format:
    NAMA:
    NO-DAFTAR:
    NISN:
    TUJUAN:
    BANK:
    JML-BAYAR:
    TGL-BAYAR:
     dan atau..
  • Bayar langsung di Ruang Panitia PPDB/Tata Usaha SMAK Kesuma Mataram setiap jam kerja
  • SPP tetap (flat) selama bersekolah di SMAK Kesuma [ditentukan melalui wawancara]
  • Potongan sampai dengan Rp 1.450.000 *) bagi siswa Berprestasi Akademik
  • Tambahan biaya Rp 500.000 bagi pendaftar Gelombang II
  • (DILARANG TRANSFER VIA ATM atau MOBILE BANKING)

4. Ketentuan Lain

  • Uang PPDB sudah termasuk 3 stel seragam (putih-abu, Yayasan, Pramuka), kaos-celana olahraga, blazer almamater dan atribut-topi-dasi.
  • Orangtua/Wali yang bertanggungjawab atas pendidikan calon Peserta Didik WAJIB mengikuti Wawancara SPP dan Siswa mengikuti Wawancara Peminatan.
  • Peserta Didik yang diterima tetapi tidak menyelesaikan persyaratan administrasi dan keuangan sampai dengan batas waktu yang ditetapkan dinyatakan GUGUR atau mengundurkan diri.
  • Keuangan yang sudah dibayar TIDAK DAPAT DIMINTA KEMBALI jika calon Peserta Didik mengundurkan diri.
  • Peserta Didik yang pindah sekolah sebelum tahun pelajaran berakhir wajib membayar lunas uang PDB.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran baca terlebih dahulu Informasi Pendaftaran dan Alur Pendaftaran.